KLIK "SUKA" 1X Untuk Menutup ini
Home » » Mempersiapkan Diri Jika Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas

Mempersiapkan Diri Jika Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas

Unikaneh.com -Dewasa ini, banyak sekali perempuan yang menikah pada usia 30 tahun ke atas karena berbagai macam alasan. Entah karena karier atau baru menemukan pasangan hidup yang pas. Jika ditilik, berarti mereka akan hamil di usia 30 tahun ke atas juga, bukan? Nah, hamil saat usia di atas 35 tahun sudah termasuk hamil berisiko tinggi,” ujar Dr. Nurdadi Saleh, Sp.oG., saat berbincang dengan Fimela Family.

Ibu yang hamil di usia 35 tahun ke atas harus berhati-hati karena akan cepat lelah ketika mengandung. Kemudian, kita juga berisiko mengalami komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia atau placenta previa. Untuk bayi, ia bisa berisiko down syndrome atau lahir prematur. Keguguran, juga jadi hal yang sulit kita hindari.
“Berbagai macam penyakit pada ibu dan bayi bisa timbul. Tapi jangan khawatir, bukan berarti ibu yang menikah di usia 30 tahun ke atas tidak boleh hamil, namun ia harus lebih peduli dengan keadaannya. Dokter atau ginekolog bisa mendeteksinya. Misalnya, sebelum hamil kita periksa apakah ibu memiliki diabetes, toksoplasma, atau penyakit-penyakit lainnya. Setelah diperiksa, barulah ibu bisa hamil dengan rajin kontrol ke dokter,” kata Dr. Nurdadi.
Hamil di usia 35 tahun ke atas termasuk dalam kehamilan berisiko tinggi. Karena itu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan jika kita hamil di usia tersebut. Apa saja?

Bolehkah Hamil Lagi?

Pertanyaan yang sering muncul dari ibu yang hamil di usia 35 tahun ke atas adalah apakah dirinya boleh hamil lagi sementara semakin tinggi usia, semakin tinggi pula risiko kehamilannya? Atau juga ada yang bertanya-tanya, bolehkah ia memakai kontrasepsi jangka panjang setelah melahirkan, namun masih tetap ingin punya anak lagi?

Dr. Nurdadi Saleh mengatakan bahwa kita memang harus punya perencanaan yang matang mengenai kehamilan ini. “Ini memang situasi yang tidak umum, jika ibu melahirkan di usia 35 tahun ke atas, berarti jika ibu mau hamil lagi, bisa saja usia 40 tahun baru hamil, bukan? Karena itu, kami biasanya menanyakan master plan yang ibu dan suami miliki. Rata-rata, jarang pasangan yang ingin memiliki lebih dari dua anak saat ini. Kurang lebih, mereka menginginkan cukup dua anak saja. Dalam kasus tersebut, biasanya nanti dokter akan memberikan kontrasepsi yang tidak jangka panjang. Ini berguna untuk mengontrol kehamilan. Ingat, jarak kehamilan ibu tidak boleh terlalu dekat. Beri jangka waktu 2 hingga 3 tahun lagi, baru hamil. Dengan monitoring yang tepat, tentu ibu tak usah khawatir jika hamil di usia 35 tahun ke atas,” tutup Dr. Nurdadi mengakhiri perbincangan dengan Fimela Family.

0 komentar :

Posting Komentar